MASALAH PADA MESIN MOBIL
PENYEBAB MASALAH
PADA MESIN MOBIL
|
Pada
MOBIL BERMESIN INJEKSI (INJECTION) DOHC (EFI) umumnya menyertakan INDIKATOR
CHECK ENGINE pada PANEL DASHBOARD. Jika lampu indikator dash board tetap
menyala sekalipun mesin sudah hidup, menandakan adanya masalah pada mesin atau
sistem pendukung lainnya.
MASALAH PADA MESIN MOBIL sangat beragam, namun kita dapat memperkirakan apa saja yang mungkin menjadi penyebab masalah mesin mobil tersebut, sehingga dapat kita perbaiki dengan tepat dan cepat.
Bengkel Resmi dan Non-Resmi pun bisa salah dalam mendiagnosa masalah pada mesin kita, hal ini membuat besarnya biaya yang dikeluarkan akibat dari pergantian komponen yang tidak tepat, bahkan terkesan tebak-tebakan saja.
PENYEBAB AKIBAT
PENYEBAB BUNYI SUARA TIK TIK TIK MESIN MOBIL
- Setelan Klep ( Valve ) yang tidak tepat ( terlalu renggang )
- HLA HYDRAULIC LASH/VALVE ADJUSTER BERMASALAH/RUSAK/MATI
- Lobes pada CAMSHAFT/NOKEN AS sudah ada yang RUSAK
- ROCKER ARM Bermasalah rusak longgar/oblak/kendor
- Pemakaian oli mesin mobil yang tidak tepat / tidak cocok ( SAE 10-40 buat mesin mobil injection dan SAE 10-50 untuk mesin mobil karburator )
- SULING KLEP API MINYAK mampet penuh kotoran lumpur oli mesin mobil
PENYEBAB LAMPU INDIKATOR OIL PRESSURE (TEKANAN OLI) PADA DASHBOARD MOBIL MENYALA SAAT MESIN HIDUP
- Jumlah oli pada mesin kurang, atau oli tidak cocok.
- SENSOR TEKANAN/SWITCH OLI BERMASALAH /RUSAK
- POMPA OLI MOBIL BERMASALAH/RUSAK
- Panas yang berlebihan di dalam mesin
- KATUP OLI/OIL PRESSURE RUSAK
- FILTER/SARINGAN OLI/OIL FILTER MOBIL BERMASALAH/RUSAK/ TERLALU KOTOR OLEH LUMPUR OLI
- SARINGAN OLI PADA RUANG KARTERCARTER/BAK PENAMPUNGAN OLI KOTOR/MAMPET.
MASALAH SENSOR TPS/THROTTLE POSITION SENSOR
|
PENYEBAB MESIN MOBIL
TIDAK MAU HIDUP/NYALA KETIKA DIHIDUPKAN/DI STARTER
- TERMINAL ACCU/AKI KENDUR/KOROSI
- TEGANGAN/ARUS LISTRIK ACCU/AKI KURANG/ACCU/AKI RUSAK/MATI
- JALUR KELISTRIKAN STARTER TERPUTUS
- KUNCI KONTAK MOBIL BERMASALAH
- DINAMO MOTOR STARTER BERMASALAH
- GIGI MOTOR STARTER/FLY WHEEL ADA YANG PATAH
- SALURAN GROUND/NEGATIF ACCU/AKI KE MESIN MOBIL TERGANGGU/LEPAS
- TERMINAL ACCU/AKI KENDUR/KOROSI
- TEGANGAN/ARUS LISTRIK ACCU/AKI KURANG/ACCU/AKI RUSAK/MATI
- JALUR KELISTRIKAN STARTER TERPUTUS
- KUNCI KONTAK MOBIL BERMASALAH
- DINAMO MOTOR STARTER BERMASALAH
- GIGI MOTOR STARTER/FLY WHEEL ADA YANG PATAH
- SALURAN GROUND/NEGATIF ACCU/AKI KE MESIN MOBIL TERGANGGU/LEPAS
MASALAH OIL PRESSURE SENSOR
|
PENYEBAB SUARA BUNYI MENDESIS PADA MESIN MOBIL
- KE BOCOR AN INLET MANIFOLD/GASKET THROTTLE BODY
- KEBOCORAN GASKET EXHAUST/API dan MANIFOLD INTAKE/MINYAK
- KEBOCORAN SELANG VACUM/VAKUM
- KEBOCORAN GASKET/PACKING CYLINDER HEAD (ROBEK/TERBAKAR/PATAH/BOCOR)
MASALAH NOZEL/NOSEL INJEKTOR
|
PENYEBAB
MESIN MOBIL BERPUTAR/DI STARTER TETAPI MESIN MOBIL TIDAK MAU HIDUP/NYALA
- BENSIN HABIS/KOSONG
- ACCU/AKI SOAK/LEMAH (mesin berputar sangat pelan)
- KABEL ACCU/AKI KENDUR/KOROSI
- KOMPONEN PENGAPIAN BERMASALAH
- JALUR KELISTRIKAN PENGAPIAN TERGANGGU/RUSAK
- BUSI MOBIL RUSAK/GAP/JARAK BUSI TIDAK TEPAT
- CHOKE MESIN MOBIL BERMASALAH
- Sistem penyaluran bahan bakar (Fuel Injection) bermasalah
- Masalah mekanik (SENSOR CKP KRUK/KREK AS RUSAK, TIMING BELT MOBIL PUTUS)
- BENSIN HABIS/KOSONG
- ACCU/AKI SOAK/LEMAH (mesin berputar sangat pelan)
- KABEL ACCU/AKI KENDUR/KOROSI
- KOMPONEN PENGAPIAN BERMASALAH
- JALUR KELISTRIKAN PENGAPIAN TERGANGGU/RUSAK
- BUSI MOBIL RUSAK/GAP/JARAK BUSI TIDAK TEPAT
- CHOKE MESIN MOBIL BERMASALAH
- Sistem penyaluran bahan bakar (Fuel Injection) bermasalah
- Masalah mekanik (SENSOR CKP KRUK/KREK AS RUSAK, TIMING BELT MOBIL PUTUS)
MASALAH COIL MOBIL
|
PENYEBAB MESIN MOBIL
SUSAH/TIDAK BISA HIDUP DI STARTER SAAT MESIN DINGIN
- Accu kosong/tegangan kurang
- Terminal Accu kendur / korosi
- Busi rusak, setelah gap tidak tepat
- Choke bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah
- Permasalahan pada pengapian
- Kompresi silinder rendah
- Fuel Pressure Regulator bermasalah
- Accu kosong/tegangan kurang
- Terminal Accu kendur / korosi
- Busi rusak, setelah gap tidak tepat
- Choke bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah
- Permasalahan pada pengapian
- Kompresi silinder rendah
- Fuel Pressure Regulator bermasalah
![]() |
MASALAH VAKUM/VACUM PENGATUR TEKANAN
|
PENYEBAB MESIN SUSAH HIDUP/DI NYALAKAN DI STARTER SAAT MESIN MOBIL PANAS
- Filter udara kotor/mampet
- Choke bermasalah
- Permasalahan sistem injeksi (fuel injection)
- Kompresi silinder rendah.
PENYEBAB DINAMO/MOTOR STARTER BERISIK/KASAR SAAT DI STARTER
- Gigi pinion starter/ flywheel patah.
- Baut dudukan motor starter lepas atau hilang.
- Komponen di dalam motor starter rusak/aus.
PENYEBAB MESIN MOBIL NDUT NGENDUT TERSENDAT/TERTAHAN NGEMPOS KOSONG SAAT AKSELERASI
- Busi rusak/setelah gap tidak tepat
- Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.
- Karburator bermasalah
- Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah

MASALAH IGNITION COIL/KOIL MOBIL
PENYEBAB MESIN
MOBIL GETAR BERGETAR/BERGUNCANG/GOYANG/PINCANG
- Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya. - Filter bensin mampet - Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah - Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit - Karburator bermasalah - Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah PENYEBAB MESIN KEHILANGAN TENAGA/TIDAK BERTENAGA LOYO/TIDAK ADA AKSELERASI - Pemasangan timing belt yang tidak tepat - Filter bensin tersumbat/mampet - Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah - Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah - Busi rusak/ gap busi tidak tepat - Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya. - Karburator bermasalah - Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah - Rem mengunci - Kopling slip (habis) PENYEBAB MESIN MOBIL NEMBAK NEMBAK ( BACKFIRE) - Pemasangan Timing Belt tidak tepat - Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacum /vakum lainnya. - Karburator bermasalah - Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. - Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya) |
![]() |
MASALAH CRANKSHAFT TRIGGER SENSOR
|
PENYEBAB MESIN MAU HIDUP TETAPI KEMUDIAN MATI LAGI
- Ada permasalahan Kelistrikan pada rangkaian pengapian.
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Karburator bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
PENYEBAB RPM WAKTU IDLE/LANGSAM TIDAK RATA NAIK TURUN NAIK
- Penyetelan idle speed yang tidak tepat.
- Filter udara kotor
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
- Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak
- Pemasangan Timing Belt tidak tepat
- Karburator bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
- ISC IDLE SPEED CONTROL
PENYEBAB MESIN MENGALAMI MISFIRE SAAT IDLE/LANGSAM
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Kabel busi bermasalah
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Karburator bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
- Distributor Cap retak atau aus
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
- Kabel ground tidak baik/terputus
- Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose)
![]() |
MASALAH ACCU/AKI MOBIL
|
PENYEBAB MESIN MENGALAMI MISFIRE SEPANJANG PERJALANAN
- Filter bensin mampet/kotor
- Fuel Pump/Pompa bensin rusak/bermasalah/tekanan rendah
- Ventilasi tangki bensin tersumbat,pipa saluran bensin tersumbat/terjepit
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Distributor Cap retak atau aus
- Kabel busi bermasalah
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
- Ignition Coil bermasalah
- Karburator bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.

MASALAH MESIN MOBIL INJECTION DOHC
PENYEBAB MESIN TETAP HIDUP SEKALIPUN KUNCI KONTAK SUDAH DI MATIKAN/KUNCI KONTAK OFF
- Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
- Mesin terlalu lama dijalankan pada suhu yang tinggi.
- Solenoid Karburator bermasalah
- Kunci kontak bermasalah
PENYEBAB MESIN NGELITIK/NGLITIK SAAT AKSELERASI/MENANJAK
PENYEBAB
MESIN MOBIL NGELITIK/KNOCKING :
- Timing pengapian tidak tepat
- Masalah pada sistem pengapian
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Salah pakai jenis bensin (oktan terlalu rendah)
- Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Karburator bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. ( BUNYI SUARA NGELITIK/NGLITIK KNOCKING PADA MESIN MOBIL
- Timing pengapian tidak tepat
- Masalah pada sistem pengapian
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Salah pakai jenis bensin (oktan terlalu rendah)
- Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Karburator bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. ( BUNYI SUARA NGELITIK/NGLITIK KNOCKING PADA MESIN MOBIL
1. SISTEM INJEKSI (FUEL INJECTION) MESIN MOBIL :
Fuel Injector/Nozel/Nosel Injector:
umumnya memiliki resistansi 10-30 ohm, jika kurang atau lebih = injector bermasalah.
bersihkan injector dengan Injector Cleaner atau dengan mesin Ultrasonic Injector Cleaner, hingga kualitas semprotan untuk semua injector sama.
Fuel Pump/Rotax /Membran (pompa bensin):
- periksa tekanan bensin yang dihasilkan Fuelpump dengan alat Fuel Pressure Gauge, umumnya berkisar sekitar 3 BAR.
- periksa kondisi saringan/filter kecil yang ada di dalam tangki (umumnya menempel pada fuelpump).
- periksa kondisi relay dan sikring Fuel Pump.
- periksa kondisi pelistrikan (kabel dan socket) Fuel Pump.
Filter /Saringan Bensin:
- Bersihkan filter bensin atau ganti baru.
- Pastikan klem selang bensin terpasang dengan baik.
Fuel Pressure Regulator:
- Pastikan kondisi selang vacuum terpasang dengan baik dan tidak bocor.
- Pastikan tidak ada kebocoran bensin pada Fuel Pressure Regulator
2. SISTEM PENGAPIAN MESIN MOBIL
Busi:
- Gunakan tipe busi yang tepat sesuai anjuran buku manual.
- Atur celah (gap) busi dengan tepat sesuai anjuran buku manual.
Kabel Busi Mobil :
- Periksa nilai resistansi masing-masing kabel busi, nilai resistansi harus mendekati satu sama lain (semakin panjang kabel busi, semakin besar nilai resistansinya)
- Periksa kabel busi dari sobek dan retak, yang menyebabkan kebocoran listrik.
Ignition Coil/Koil :
- Periksa kondisi fisiknya, jangan sampai ada yang retak atau pecah
- Periksa resistansi antara terminal primer dan sekunder. Umumnya resistansi antar terminal primer ( + dan – ) berkisar antara 0.5ohm – 6 ohm. Sedangkan resistansi antara terminal + dan – terhadap terminal sekunder (output coil) adalah berkisar antara 4kOhm – 25kOhm.
Distributor Cap / Rotor Distriburor/DELCO:
- Periksa kondisi dari retak dan pecah.
- Periksa kondisi terminal rotor dari aus/rusak.
- Periksa kondisi dan gap platina / trigger CDI
Sensor-Sensor Pengapian:
- Periksa kondisi Crankshaft Sensor (Sensor crankshaft - SENSOR CKP / Sensor crankshaft)
- Periksa kondisi Cam Position Sensor ( SENSOR CMP / Sensor camshaft/ sensor noken as)
- Periksa kondisi Cylinder Position Ignition Sensor (biasanya menempel pada kabel busi)
- Periksa Power Transistor yang terhubung ke Coil.
SALURAN UDARA
Filter Udara:
- Pastikan kondisi filter udara dalam keadaan bersih
- Pastikan box filter udara terpasang dengan baik
Selang Intake / Intake /throttle body Hose:
- Pastikan tidak ada kebocoran pada intake / throttle body hose.
- Pastikan hose terpasang dengan baik dan rapat.
Intake Sensor/Sensor intake/minyak:
- Periksa kondisi Air Flow / MAF/MAP sensor
- Periksa kondisi Intake Air Temperature Sensor
Selang Vacuum:
- Periksa seluruh selang vacuum dari kebocoran atau terjepit.
Filter Udara:
- Pastikan kondisi filter udara dalam keadaan bersih
- Pastikan box filter udara terpasang dengan baik
Selang Intake / Intake /throttle body Hose:
- Pastikan tidak ada kebocoran pada intake / throttle body hose.
- Pastikan hose terpasang dengan baik dan rapat.
Intake Sensor/Sensor intake/minyak:
- Periksa kondisi Air Flow / MAF/MAP sensor
- Periksa kondisi Intake Air Temperature Sensor
Selang Vacuum:
- Periksa seluruh selang vacuum dari kebocoran atau terjepit.
3. NAMA NAMA BAGIAN KOMPONEN JEROAN DALAM AN/DALEM AN MESIN MOBIL
NAMA
NAMA HARGA MERK MASALAH KELUHAN PERMASALAHAN BAGIAN KOMPONEN MESIN
MASALAH Packing paking gasket karet tutup klep mesin mobil bagia atas
MASALAH Seal klep
MASALAH Packing paking gasket minyak intake ( manifold minyak ) Api exhaust ( manifold api )
Packing paking gasket Silinder Cylinder Head
Klep Mesin
Mur Baut Setelan Klep
HLA Adjuster
Rocker Arm pelatuk klep
Suling klep api minyak
Noken as Camshaft
Krek kruk as Crankshaft
Silinder Head
Blok Mesin
Ring Seher Ring piston
Piston Seher Mesin
Metal/bantalan jalan duduk bulan
Bak Carter Penampungan Oli
Busi mesin mobil MESIN MOBIL
MASALAH Packing paking gasket karet tutup klep mesin mobil bagia atas
MASALAH Seal klep
MASALAH Packing paking gasket minyak intake ( manifold minyak ) Api exhaust ( manifold api )
Packing paking gasket Silinder Cylinder Head
Klep Mesin
Mur Baut Setelan Klep
HLA Adjuster
Rocker Arm pelatuk klep
Suling klep api minyak
Noken as Camshaft
Krek kruk as Crankshaft
Silinder Head
Blok Mesin
Ring Seher Ring piston
Piston Seher Mesin
Metal/bantalan jalan duduk bulan
Bak Carter Penampungan Oli
Busi mesin mobil MESIN MOBIL
Cheuk engine tiba tiba hilang( mati) pada Galant hiu...mobil ngak bisa nyala
BalasHapusCheuk engine tiba tiba hilang( mati) pada Galant hiu...mobil ngak bisa nyala
BalasHapusCheuk engine tiba tiba hilang( mati) pada Galant hiu...mobil ngak bisa nyala
BalasHapusGan mau nanya nih ane punya mobil Galant lelel v6 2000cc Thun 97 saat d gas maju itu gg bisa jalan tpi klo d gas kebelakang itu bsa jalan itu apanya yy gan
BalasHapusMaksudnya apa ya..ane ngga faham
Hapusmobil ane galant lele v6 th.94 ketika di bawa kecepatan 80+ mobil berasa getar semua
BalasHapusCoba check engine mounting...kemungkinannya engine mounting sudah rusak
HapusDelconya itu gan mobil getar sampe ke bodi kalo di bawa pelan, lalama nanti brebet ganti delko pengapian bagus langsung nyos.. ane udh ganti set engine mounting tapi tetap.
HapusCheck engine mati : coba check sikring utama...kemungkinannya putus
BalasHapusMobil galant lele ku..sering ndutan saat ac hidup dan jika jalannya pelan...kira2 apa penyebabnya ya?
BalasHapusKemungkinan utama, Kabel busi sudah tidak baik, kemungkinan ke dua delco / distributor bermasalah
HapusBerapa harga ring seher galant lele 93?
BalasHapusSma sensor speed
penyebab fan ac sama fan radiator nyala pada saat kunci kontan baru on padahal mesin masih dingin ac ga di nyalain ,,galant hiu VR4
BalasHapusGan ane punya galang hiu kalo disaster bagus menariknya tpi mesin gak mau hidup.kayak kehabisan bensin gitu ...apanya ya gan???
BalasHapusGan ane punya galang hiu kalo disaster bagus menariknya tpi mesin gak mau hidup.kayak kehabisan bensin gitu ...apanya ya gan???
BalasHapusPakde2, dan suhu sekalian. minta info jual spearpart pompa oli galand tahun 1978. Aku nya ri susah bener..
BalasHapusKalo ada yg punya info boleh di bisikin .. terimakasih semuanya
Pakde2, dan suhu sekalian. minta info jual spearpart pompa oli galand tahun 1978. Aku nya ri susah bener..
BalasHapusKalo ada yg punya info boleh di bisikin .. terimakasih semuanya
Gan,mohon bantuan.mobil saya galant lele V6..lampu.CHECK ENGINE menyala kembali stelah mesin hidup.saya lagi dlm perjalanan ni.
BalasHapusMhn bantuan..
Numpang tanya gan, mobil sy galant v6. Kalau mesin hidup terdengar suara tik tik tik dari dalam dashboard ,suaranya mirip seperti bunyi otomatis lampu sign.
BalasHapusKira kira suara apa ya? Sangat mengganggu...
Terima kasih sebelumnya
Gan" semua maaf ane mau tanya penyebab tidak ada pengapian di busi kenapa ya ! Ane dh check pake tespen semua arus ada tapi pas ane check di busi tidak ada tapi bensin dh naik ! Terima kasih mohon bantuannya .
BalasHapusMalam Pak Junn , saya Hendrawan dr Bandung ( 08131.31.777.31 ) , mau menjual galant hiu siver , th 98 , TERAWAT SANGAT BAIK . Silakan hub no saya di atas
BalasHapusSelamat sore Pak Junn, Gallant Sigma 81 ( lampu kotak 4 ) milik saya kenapa temperatur mesin cepat naik ...padahal baru turun mesin . Trmksh
BalasHapusPengalaman sy sih,paling head di ganti,ga akan panas lagi.karna sirkulasi air terhambat oleh paking head yg sdh rusak.
HapusSALAM KENAL BROTHER
BalasHapusMOBIL SAYA GALANT 4 SILIDER 2000CC TH.1995,
RPM SAMA SPEEDOMETER GAK HIDUP, APANYA YA..., DAN MULAI DARI MANA SAYA PERIKSANYA?
TQ SALAM
JIMMY
Salam...mau tanya... kalau saya mau nyalain/panasin mobil Di pagi hari biar hidup di stater harus nunggu dulu check engine lampunya mati dulu selama 15 menit baru stater hidup, setelah Itu Mobil hidup walau dimatiin.. , sudah check Di scan Tidak Ada yg masalah di mesin, itu madalah apanya ya..? Mohon pencerahannya...
BalasHapusSalam...mau tanya kalau mau nyalain/panasin mobil Di pagi hari biar hidup di state check engine nyala terus selama 15 menit.. Baru setelah 15 menit lampu check enginenya mati.., baru bisa disaster hidup. Setelah Itu Mobil hidup walau dimatiin.. .Sudah di check scan.. Mesin tidak ada masalah.., apanya ya..? Mohon pencerahannya...
BalasHapusOm senior mohon bantuanya saya pengguna galant hiu matic th.2001 keluhan saat baru melaju kecepatan 20km Mau naik ke 40km trasmisi terasa menyentak kasar dan indikator N berkedip . hentakan terjadi ketika baru star dan melaju mohon bantuanya apa saja yg harus di ganti dan berapa kira" anggaranya mohon bantuanya om senior salam 1 aspal
BalasHapusAlternator galant saya cm soket 2kabel
BalasHapusL dan S ,90ampere.
Saya mau pakai alternator galant new soket 4kabel G,L,S,FR, 120ampere.
Kalo yang dipasang cuma 2 kabel L dsn S aja sesuai soket bawaan mobil.
Kira2 aman bisa / gak,
Ada pengaruh atau efeknya gak?
Thx
Pagi gan, pengaruh MAF pada stasioner apa?galant st/hiu'99 sy checkengine nyala stasioner rpm nya tinggi dan ac hidup malah turun rpm serta konsumsi bensin boros banget 6:1 apakah ada hub.dengan MAF nya rusak atau kotor...Tolong Info agan2 yg baik ok trimakasih.
BalasHapusItu maf sensor kotor tuh...diservis aja
HapusInfonya???
BalasHapusGalant hiu manual tahun 2000 kenapa ya mesin
BalasHapusGalant lele v6 2000 ane kalo baru dinyalain susah, kalo sudah panas yg berlebih jg susah nyalanya, terus kalo ac nyala idle drop kalo ditambah lampu utama malah mati, akselerasi pertama ga mau naik rpm mesin harus dikocok dulu gasnya, langsam ga mau turun kalo lagi jalan/ seperti nginjek kopling, di gas full brebet. Sudah ganti altenator, kabel busi, busi, servo isc. Dan penyakitnya belum sembuh. .
BalasHapusbisa jadi sensor tps nya gan yg rusak
HapusPenyebab galan kalau mesin dingin mrebet
BalasHapusdimana ya jualan dinamo starter galant v6 lele
BalasHapusMaaf gan smua,,,mbil galant saya thun 94,,,,penyakitnya d alternator mati trus g ngisi,,,,apanya y????udah bosen benerin
BalasHapusSalam mutanya ini mobil galan lele saya koil kok gk ada keluar api kenapa....?
BalasHapusSebagian apa semua. Koilnya gak keluar api gan???
HapusBs mta krm foto pasangan kabel trotole body gk bro pya saya mgkn slh pasang jd merebet klo gk standar
BalasHapusCri gigi gendeng flywheel galnt lele dimana ya om?
BalasHapusIjin gabung gan, serta ijin tanya galan lwle vr 97 saya baru ganti vanbelt dan benahi fully tp knp kok vanbel putus lg
BalasHapusCara setting top timing sama posisi delco gmn ya .. Mitsubishi galant th 2000 v6
BalasHapusAsslamulaikum oom mau nanya mitsubisi galan lanser tahun 2000 v6 saya sensir temengnya putus .ngaruh ga kemesin om .solanya jadi ga idup om. Mohon bantuanya om
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum...!! Ijin bergabung om, mobil saya galan lele v6 thn 1994, saat mesin dingin mobil bisa dihidupkan tp setelah 5 menit lanhsung mati sendiri, kalau di starter lagi cuma hidup sebentar trus mati lagi, sepertinya mobil saya kalau udah panas tdk mau hidup, apa ya penyebab nya.. Mohon pencerahan om..
BalasHapusapakah slang radiator bocor? yang menyebabkan mesin overheating
Hapusassalammualaikum...om mau nanya mobil saya galant lele V6 tahun 1994, penyakitnya koil 6 sama 3 hilang api, di cek bagian kabel apinya ada namun koil tidak mengeluarkan api, setelah di roker koilnya di tempat lain koilnya berpungsi, koil yang di ganti ke posisi 6 dan 3 tetap tidak mengeluarkan api, mohon pencerahannya om
BalasHapusBang urutan kabel untuk alternator boleh di share ngga bang
BalasHapusUntuk galant v6
HapusSensor ckp Galant sama ngk dengan sensor ckp volt l120ss mohon infonya bg
BalasHapusSensor ckp Galant sama ngk dengan sensor ckp volt l120ss mohon infonya bg
BalasHapusAsslmkum wrwb, om mobil mitsubishi galant yg 6 busi klw panas susah hidup, tapi klw dingin cepat hidup kira nya penyebab ya apa yah, klw trus aq stater cpat tkor aki, kadang setrum klw d diam kn 2 hari suka hilang setrum, mohon pendapat ea, maksih
BalasHapusassalammualaikum , saya punya masalah dengan mobil saya ( galant lele v6) , saat di bawa di rpm rendah gas nyaa sering hilang2 , saya sudah bersihkan injektor sbelumnya , mohon pencerahannya gan
BalasHapusAssalamualaikum om,mohon pencerahan nya,Galant saya mesin nya tidak mau mati meskipun kontak udah off,saya bawa ke bengkel,dan orang bengkel cabut 1 fius,mobil udh normal,tp kurang bertenaga.kira2 problem nya apa ya?mohon bantuan nya.terimakasih
BalasHapusGan,sy pake Galant vr4 1996.kl di gas pelan2 tenaga ada,tapi kl di gas sperti biasa langsung ngempos gas nya hilang,tapi mesin tetep hidup cuma gas yg hilang.sdh ganti busi dan kabel nya tetep begitu.tolong pemasukkan nya gan
BalasHapusNozzel injektornya di semprot ,lihat di YouTube cara membersihkan injector.
HapusIjin bertanya ini om..
BalasHapusSaya baru beli mobil galan v6 tahun 1993 dengan kondisi kabel yg terputus semua , mintak saran y om.. Atau boleh gak mintak foto setiap soket sensor y..
Mobil saya pincang sudah di ganti busi 6 buah masih ttp sama adakah mekanik yg berdomisili di solo raya yg biasa manangani mitsubishi galant om
BalasHapusSelamat malam om,saya punya Galant hiu v6 thn 2000 mobil tiba tiba mati, di starter mau tapi ga mau hidup,saya udah bongkar udah di tune up juga tapi tetep aja mobil ga mau hidup saat di starter, kira kira kenapa ya om?
BalasHapusmw tanya om mbl galant hiu sy kl hujan ko brembun ya om... ac sdh dingin bru diservis...sy tdk tau cara mengatur panel acnya om....
BalasHapusMaaf mau tanya speed sensor galant lele manual v6 apa sama dg yg versi matik(automatic) ?
BalasHapusTrmksh atas petunjuk suhu" disini 🙏🏻
Mau tanya rotor delco Galant lele vr persamaannya dengan apa ya
BalasHapusAssallamullaikum,, pak mo tanya. Cara kerja fuel pump Mitsubishi galant lele itu gmn ya? Apa sama kaya mobil2 yg lain.. kalo kontak on berdengung fuel pump nya.. trimakasih..
BalasHapusBos mau tanya,mobil galant sigma 1600cc distater ngak bisa,dinamo star normal tpi ngak mau hidup. Trus kalo sudah hidup cepat panas dan susah distater kalo udah panas. Solusinya dong bosku🙏
BalasHapusMaaf bang mau tanya Galant lele vr klo ac mati mobil ga ada getaran ,tp kdtika AC di nyalain ada getaran di mobil ,kenapa yah??
BalasHapusMaaf om mau nanya, sy punya galant lele v6 thn 94. Saat starter mesin hidup, tp giliran di di injak gas nya mesin langsung mati. Kira2 penyebabnya apa senior
BalasHapusYg sdh sy lakukan bersihkan filter dan fuel pump, tp tetap kalau mesin hidup pas di gas mesin langsung mati
Maaf om senior mau nanya, sy punya galant lele v6 thn 94. Saat starter mesin hidup, tp giliran di injak gas nya mesin langsung mati. Kira2 penyebabnya apa om senior
BalasHapusYg sdh sy lakukan bersihkan filter dan fuel pump, tp tetap kalau mesin hidup pas di gas mesin langsung mati
Playtech launches its's new gaming console with a - JT Hub
BalasHapusPlaytech has 대구광역 출장마사지 just launched 양산 출장마사지 its's new gaming console with a 강릉 출장샵 range of popular titles, 안동 출장마사지 including the upcoming release of its 태백 출장마사지 newest game,